Jamu herbal

jamu herbal VS obat kimia

Daun sirih herbal

Daun Multi-khasiat Mei 7th, 2009 by AriezZ Jodie and tagged1001 Khasiat

Seringkali kita tidak menyadari bahwa banyak sekali tanaman berkhasiat tumbuh di sekitar kita. Mulai tanaman merambat hingga tanaman menjulang tinggi. Semuanya memiliki khasiat khusus yang berbeda-beda. Tak terkecuali tanaman yang kita bahas kali ini.

Daun sirih dapat menyembuhkan berbagai penyakit ringan sampai penyakit berat. Diperlukan cara yang tepat agar penyakit pasien dapat cepat teratasi. Apa saja nama penyakit yang dapat disembuhkan dan bagaimana metode penyembuhannya?

Ada beberapa jenis penyakit yang dapat disembuhkan dengan mediator tanaman yang memiliki nama ilmiah Piper betle linn ini. Misalnya bau mulut, mimisan, diare, sakit gigi, alergi, bronchitis, keputihan, dan sifilis. Dengan penggunaannya yang relative sederhana dan keberadaannya mudah didapat, maka tanaman berbiji dua iini dapat menjadi sebuah alternative di samping pengobatan secara medis.

Beberapa macam cara menyembuhkan penyakit tersebut yakni :

1. Mimisan : Ambil daun sirih satu lembar, gulung sambil di tekan agar keluar minyaknya lalu gunakan untuk menyumbat hidung yang mengeluarkan darah.

2. Diare : ambil 4-6 lembar daun sirih, 6 biji lada, 1sdm minyak kelapa. Tumbuk semua bahan bersama-sama sampai halus, lalu gosokkan pada bagian perut, ulangi sampai sembuh.

3. Sakit Gigi dan Bau Mulut : Ambil daun sirih secukupnya kemudian direbus dengan 2 gelas air sampai mendidih, lalu dinginkan air rebusan tersebut. Gunakan air rebusan untuk berkumur . Diulang secara teratur (untuk sakit gigi gunakan teratur sampai sembuh). Atau ambil 2lbr daun sirih yang telah diremas, garam secukupnya. Bahan tersebut diseduh dengan air panas sebanyak 1gls, kemudian aduk sampai garam laut, biarkan sampai dingin dan gunakan untuk berkumur.

4. Alergi : Ambil 6lbr daun sirih, 1 potong jahe kuning, 1 setengah sendok minyak kayu putih. Semua bahan tersebut ditumbuk bersama-sama hingga halus, kemudian digosokkan pada bagian badan yang gatal-gatal.

5. Keputihan : Ambil 7-10 daun sirih. Daun sirih direbus dengan 2,5 liter air sampai mendidih. Saat masih hangat, air rebusan daun sirih tersebut dipakai untuk membasuh dan membersihkan bagian kewanitaan secara berulang-ulang. images02 sirih-belanda Ada 4 jenis tanaman sirih yang familiar di masyarakat, yakni sirih jawa (daun lebih lembut, kurang tajam, daun seperti hijau rumput), sirih belanda (daun besar, hijau tuam, rasa dan bau tajam dan pedas), sirih cengkeh (kecil, daun kuning, rasa seperti cengkeh), sirih merah, kuning, dan hitam. Biasanya sirih jawa digunakan untuk nginang (menguatkan gigi) bagi orang orang tua. Sirih belanda dipercaya dapat menjadi alat sirkulator udara di rumah. Nah, yang ketiga ini merupakan rajanya sirih dimana sirih merah dapat digunakan untuk menyembuhkan penyakit diabetes, hipertensi, kanker, batu ginjal, hepatitis, dan ambeien. Tentu kita akan berpikir ulang untuk menggunakan obat-obatan kimiawi manakala sudah mengetahui berbagai khasiat tanaman herbal khususnya daun sirih. Mengenal kandungan zat yang terdapat dalam daun sirih, kita tidak perlu meragukannya lagi mengingat tanaman ini sangat kaya kandungan zat yang berkhasiat. Diantaranya minyak atsiri, hidroksikavicol, kavicol, kavibetol, allylpyrokatekol, cineole, caryophyllene, cadinene, estragol, terpennena, seskuiterpena, fenil propane, tannin, diastase, gula, dan pati. Minyak atsiri merupakan bahan dasar wangi-wangian atau minyak gosok untuk pengobatan alami. Walhasil, dengan mengkonsumsi daun sirih, maka masalah bau badan akan terpecahkan. Allah menciptakan segala sesuatunya di dunia ini tidak ada yang sia-sia, semua hal yang telah diciptakan-Nya pasti mengandung manfaat dan hikmah.

Sumber : Majalah OASE edisi Apr’09

No comments yet»

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: