Jamu herbal

jamu herbal VS obat kimia

Obat diabetes akut

Tips Pengobatan Diabetes dengan Cara Mengobati Diabetes Melitus secara alternatif dengan menggunakan obat herbal Sanrego yang terbukti ampuh menyembuhkan diabetes akut  secara alami.

Diabetes melitus atau sering mendapatkan sebutan sebagai penyakit kencing manis merupakan suatu penyakit kelainan metabolisme yang di sebabkan oleh berlebihnya kadar gula di dalam darah / kelainan hormon insulin yang memproduksi banyak lemak dan protein .

Diabetes terjadi karena adanya kerusakan pada sistem pengatur gula darah , yakni kelainan pada kelenjar pankreas yang tidak berfungsi dengan baik

Penyebab diabetes melitus :

  • Pola makan yang tidak teratur
    Pola hidup yang tidak seimbang antara makan. aktifitas dan tidur
  • Faktor genetika.obesitas (kegemukan)
  • Efek samping dari obat-obatan kimia yang tidak cocok
  • Adanya infeksi pada kelenjar pankreas

Gejala diabetes melitus :

  • Memberikan efek terhadap kencing yang sangat sering dalam jangka waktu pendek
  • Rasa haus walaupun tidak melakukan aktifitas gerak
  • Mudah sekali lapar dalam waktu yang sangat dekat
  • Penurunan berat badan walaupun sering lapar
    Mudah sekali lelah
  • Sering kesemutan pada kaki dan tangan

Salah satu alternatif pengobatan yang biasa dilakukan di makassar untuk penyakit kronis diabetes adalah dengan mengkonsumsi Jamu herbal kayu sanrego.  banyak kasus penderita diabetes yang sudah tidak bisa tertolong dengan medis melainkan harus diamputasi dapat terselamtkan dengan herbal kayu sanrego.

Uniknya lagi karena herbal sanrego multi fungsi, diasamping untuk pengobatan diabetes, juga untuk obat malaria, obat kuat, obat kewanitaan dan bahkan untuk membersihkan darah kotor pun bisa.

cara mempercantik kuku

Gambar
Bagaimana cara merawat Dan Mempercantik kuku dengan baik dan benar menurut saran dokter dan para ahli.
Berikut adalah  membuat Kuku cantik dan berkilau Tips dan Trik nya.
 
Kuku menjadi mahkota tangan bagi kalangan wanita, untuk itu wanita lebih sering memerhatikan kukunya. Kuku yang indah dan sehat, bisa meningkatkan tingkat kepercayaan diri si pemiliknya.
 
Berikut tips merawat kuku :
  1. Bagi seorang perempuan pada umumnya, penggunaan pewarna kuku merupakan salah satu bagian dari fashion atau daya tarik tersendiri yang akan mengangkat rasa percaya diri. Tapi menggunakan pewarna kuku terus menerus juga tidak baik karena dapat membuat kuku terlihat kuning dan rapuh. Untuk itu, biasakan untuk tidak menggunakan pewarna kuku sehari dalam seminggu agar kuku Anda dapat beristirahat.
  2. Agar kuku menjadi kuat dan tidak gampang patah, gunakanlah belimbing sayur dan gosok-gosokkan di dasar kuku. Dapat juga direndam ke dalam cuka apel dan minyak zaitun yang sudah dihangatkan.
  3. Terbiasa melakukan pekerjaan rumah tangga dapat membuat kuku dan tangan menjadi kasar. Untuk melembutkan tangan, rendamlah tangan kita ke dalam jus jeruk yang telah dicampur madu selama 10 menit.
  4. Untuk menghapus noda pada kuku, rendamlah tangan ke dalam air hangat yang telah diberikan air jeruk nipis selama 15-20 menit. Karena air jeruk mengandung astringent yang dapat menghilangkan warna kusam pada kuku.
  5. Pertumbuhan kuku tangan setiap minggunya sekitar 0,5-1,5 mm yaitu empat kali lebih cepat daripada pertumbuhan kuku kaki. Untuk itu, usahakan agar kuku tangan kita tetap pendek untuk mengeliminir masuknya kuman-kuman atau bibit penyakit berlebihan melalui kuku.
  6. Untuk mencegah kuku dari kekeringan dan terutama khusus buat akhwat atau perempuan pada umumnya, berikanlah krim khusus untuk kuku dan jangan menggunakan penghapus pewarna kuku yang mengandung bahan kimia.
  7. Tidak hanya perawatan dari luar, untuk menjaga kesehatan kuku dapat juga dilakukan dengan minum susu secara rutin dan bila memungkinkan bisa setiap hari. Karena susu mengandung kalsium tinggi yang berguna untuk menjaga kuku agar tetap kuat.

Tips merawat kuku

Tips merawat kuku

Courtesy ShutterStock.com

Vemale.com – Perawatan kecantikan itu tak hanya berbicara soal perawatan kulit wajah saja. Bagian tangan dan kaki juga perlu diperhatikan lho, ladies.

Nah, bagaimana apakah selama ini tangan dan kaki seringkali luput dari perhatian Anda? Tenang saja, Anda bisa mencoba 7 tips berikut yang akan membantu Anda merawat dan menjaga kecantikan serta kelembutan tangan dan kaki.

Tips 1#: Untuk perawatan kuku

Pulaskan vaseline, petroleum jelly, minyak kelapa atau minyak jarak dengan menggunakan kapas pada seluruh kuku. Tips ini dapat membantu kuku agar tetap kuat, tidak mudah patah dan bersinar.

Tips 2#: Meregenerasi kulit di tangan

Karena bagian yang kurang diperhatikan, kulit di tangan kurang sempurna beregenerasi. Sehingga Anda harus menscrub setidaknya dua minggu sekali.

Tak ada scrub khusus untuk tangan? Gunakan saja campuran 3 sdt gula dengan minyak (baik baby oil, minyak sayur, atau minyak zaitun). Kemudian scrub sambil dimassage perlahan.

Tips 3#: agar siku dan lutut lembut dan tidak hitam

Bagian siku dan lutut biasanya kasar dan seringkali berwarna lebih gelap dari bagian lainnya. Untuk mengatasinya, gunakan campuran 3 sdm sari jeruk nipis, 1 sdt gula, dan air hangat. Poleskan semua ramuan pada bagian lutut dan siku sambil digosok perlahan. Diamkan, kemudian bilas dengan air dingin.

Tips 4#: Menghilangkan kutikula

Poleskan minyak kayu putih pada kapas, kemudian gosok-gosokkan pada seluruh kuku sehingga kutikula akan terlepas.

Tips 5#: Tumit halus dan tidak pecah-pecah

Gunakan lotion pada bagian tumit, kemudian tutup dengan kaus kaki sepanjang malam. Keesokan paginya tumit akan terasa lebih halus. Lakukan hal ini setiap pagi sampai Anda mendapati tumit tidak pecah-pecah lagi.

Tips 6#: Kaki halus dan lembut

Setelah menggunakan heels seharian, manjakan kaki dengan merendam kaki di dalam ramuan garam dan air hangat. Rasa lelah akan hilang, dan kulit menjadi lebih lembut.

Tips 7#: Kaki lebih putih

Agar kaki lebih putih, selalu gunakan body lotion dengan SPF tinggi selama berkegiatan di luar ruangan. Selain itu, aplikasikan lulur scrub setidaknya 3-4 hari sekali.

Jangan lupa untuk mengonsumsi buah-buahan dan sayuran serta minum cukup air putih agar kulit kaki dan tangan selalu lembab ya.

Manfaat susu kedelai

Manfaat susu kedelai

 

Manfaat dan Cara Membuat Susu Kedelai. Kedelai mengandung protein, coumestrol, isofavone, lesitin, vitamin, mineral. Ccoumestrol dan isofavone merupakan kedua zat aktif yang sangat dibutuhkan oleh wanita menopause.

Kedelai juga sangat baik untuk penderita osteoporosis. Karena upaya pengobatan osteoporois tidak hanya memerlukan pengobatan dari dokter, tetapi yang lebih utama adalah mengkonsumsi makanan berkalsium tinggi. Salah satunya yaitu kedelai.

Kedelai bisa diolah menjadi makanan seperti susu, tempe, tahu, dan sebagainya. Berikut cara membuat susu kedelai agar bisa dikonsumsi lebih nikmat.
Manfaat dan Cara Membuat Susu Kedelai
Susu kedelai dapat dibuat melalui tahapan-tahapan berikut :

  1. Kedelai direndam air selama 5-10 jam. Kemudian dibuang airnya.
  2. Kedelai basah dituangi air mendidih, dengan perbandingan 9 bagian air dan 2 bagian kedelai. temperatur dijaga 80 Celcius pada setiap saat.
  3. Disaring dengan kain linen.
  4. Susu kedelai yang diperoleh dapat diperlakukan sebagai susu kedelai segar atau susu kedelai dalam botol.

Apabila yang diinginkan susu kedelai segar, maka perlakuan selanjutnya
adalah :

  1. Menjaga susu kedelai tetap sama selama 30-0 menit untuk menghancurkan antitrypsin. Soalnya, antitrypsin ini dapt menghilangkan trypsin yang diperlukan untuk menerna protein.
  2. Menambah gula, aroma, dll.
  3. Susu kedelai segar ini tahan selama delapan jam. Tetapi kalau dimasukkan ke dalam lemari es dapt tahan lebih lama, yaitu 1-5 hari.

Apabila yang diinginkan susu kedelai dalam botol, maka perlakuan
selanjutnya adalah sebagai berikut : Tambahkan gula dan beberapa zat gizi mikro (vitamin, mineral), dan aroma.

 

  1. Masukkan susu kedelai ke dalam botol.
  2. Lakukan sterilisasi selama 12 menit pada temperatur 121 celcius.
  3. Hasil produk ini tahan selama enam bulan.

Manfaat Pepaya

Gambar
SETIAP bagian dari tumbuhan pepaya memiliki khasiat. Bahkan, getah pepaya yang terdapat di seluruh bagian tanaman, mulai dari buah, daun, batang, sampai akarnya, bersifat antitumor dan kanker. Ini karena lebih dari 50 asam amino yang terdapat di dalamnya.
Buah pepaya memiliki kadar serat yang tinggi. Itu sebabnya saat mengalami sulit buang air besar, pepaya adalah buah yang pas untuk dikonsumsi. Tentu, khasiat pepaya tak hanya pada buahnya saja. Linda misalnya. Ibu rumah tangga yang tinggal di Jakarta ini pernah membuat ramuan alami untuk mengatasi gejala cacingan pada anaknya yang berusia 3 tahun dengan memanfaatkan akar kering pepaya dicampur dengan bawang putih. Hasilnya tak kalah dengan obat cacing yang banyak dijual di toko.
 
Munaroh, juga ibu rumah tangga, pernah merasakan manfaat daun papaya untuk menambah nafsu makan anaknya yang sempat menurun setelah sakit. Hasilnya lumayan, berkat ramuan daun pepaya segar seukuran telapak tangan, sedikit garam, dan air hangat setengah cangkir yang kemudian diblender dan disaring guna diambil airnya untuk diminumkan, nafsu makan anaknya jadi bertambah.
Kandungan Papain 
Buah, daun, dan akar papaya memang dapat dimanfaatkan mencegah gangguan ginjal, sakit kandung kemih, tekanan darah tinggi, dan gangguan haid. Sementara biji pepaya bermanfaat mengobati cacing gelang, gangguan pencernaan, masuk angin, dan diare.
Dari beberapa penelitian dijelaskan, batang dan daun pada tumbuhan pepaya mengandung banyak getah putih seperti susu (white milky latex) yang berpeluang dikembangkan sebagai antikanker. Manfaat getah pepaya untuk kesehatan dibuktikan Bouchut secara ilmiah, seperti dikutip Journal Society of Biology, yang menyatakan papain bersifatantitumor atau kanker.
Peran itu dimungkinkan oleh kandungan senyawa karpain, alkaloid bercincin laktonat dengan tujuh kelompok rantai metilen. Dengan konfigurasi itu, tak hanya tumor dan penyakit kulit yang disembuhkan, karpain ternyata juga ampuh menghambat kinerja beberapa mikroorganisme yang menggangu fungsi pencernaan, sehingga efektif untuk menekan penyebab tifus.
Lebih dari 50 asam amino terkandung dalam getah pepaya, antara lain asam aspartat, treonin, serin, asam glutamat, prolin, glisin, alanin, valine, isoleusin, leusin, tirosin, fenilalanin, histidin, lysin, arginin, tritophan, dan sistein. Mereka bersatu padu menjadi bahan baku industri kosmetik untuk menghaluskan kulit, menguatkan jaringan agar lebih kenyal, dan menjaga gigi dari timbunan plak.
Selama ini getah pepaya yang terdapat pada daun memang lebih dimanfaatkan untuk pengempukan daging dengan cara membungkus daging mentah dengan daun tersebut selama beberapa jam dalam suhu kamar. Selain itu, daun pepaya dapat langsung digosok-gosokkan pada permukaan daging. Penggosokan daun pada daging dimaksudkan untuk mengeluarkan getah (lateks) yang terdapat pada daun agar keluar, kemudian masuk dalam daging.
Bentuk Kemasan
Di beberapa daerah, daging dimasak langsung bersama daun dan buah pepaya mentah untuk mendapatkan daging yang lunak dan mudah dicerna. Saat ini, getah yang terdapat dalam daun dan buah pepaya mentah diekstrak untuk dimanfaatkan sebagai bahan campuran pengempuk daging secara komersial. Tepung getah pepaya sebagai pengempuk daging banyak dijual dalam bentuk kemasan di super market atau di toko bahan kimia.
Penggunaan getah tersebut bisa dengan penyuntikan secara langsung pada ternak setengah jam sebelum disembelih agar dagingnya lebih lunak. Enzim papain akan menghidrolisis kolagen dalam daging, sehingga bentuknya menjadi kendur dan daging akan lebih empuk. Enzim papain inilah yang merombak protein (kolagen) menjadi beberapa bagian.
Dalam buku Taman Obat Keluarga edisi III terbitan Departemen Kesehatan disebutkan, pepaya termasuk tanaman yang cepat tumbuh dan berbuah banyak. Di daerah tropis, pembuahan pertama dapat berlangsung kurang dari satu tahun dan kemudian berbuah sepanjang tahun. Jumlah buah bisa mencapai 50-150 per pohon setahun.
Jika selama ini Anda termasuk penggemar buah pepaya, tentu sepakat bahwa manfaat dan nilai gizinya bagi kesehatan sangatlah besar. Tidak sekadar memiliki serat tinggi, pepaya juga mengandung berbagai jenis enzim, vitamin, dan mineral. Malah kandungan vitamin A-nya lebih banyak daripada wortel, dan vitamin C-nya lebih tinggi daripada jeruk. Kaya pula dengan vitamin B kompleks dan vitamin E.
Hebatnya lagi, kandungan enzim papain dalam buah pepaya berfungsi mempercepat proses pencernaan protein. Kadar protein dalam buah pepaya tidak terlalu tinggi, hanya 4-6 gram per kilogram berat buah, tetapi hampir seluruhnya dapat dicerna dan diserap tubuh. Ini disebabkan enzim papain dalam buah pepaya mampu mencerna zat sebanyak 35 kali lebih besar dari ukurannya sendiri.
Meramu Idola Sepanjang Musim
Karena mudah dipelihara dan tidak mengenal musim, harga pepaya memang jauh lebih murah dibandingkan dengan buah lain. Meski harganya murah, manfaat yang dikandungnya ternyata sangatlah besar. Bahkan, setiap bagian tanaman, mulai dari biji, buah, daun, hingga getahnya, dapat dimanfaatkan untuk beragam keluhan. Tak heran, pepaya bisa disebut sebagai buah idola sepanjang musim.
Berikut beberapa contoh meramunya.
 
Biji
  • Mengunyah satu sendok teh biji pepaya mentah dalam kondisi perut masih kosong setiap hari dapat mencegah dan membasmi cacing serta parasit lainnya. Biji pepaya ini dapat dipergunakan dalam keadaan basah maupun kering. Jika rasanya terlalu kuat, bisa dicampur dengan kurma atau madu. Bisa saja biji pepaya ini diblender dan dicampur dengan sedikit air, baru diminum. Sebagai program antiparasit, makanlah biji pepaya ini setiap hari selama seminggu, selanjutnya diulang dua minggu kemudian.
  • Cara lainnya, ambil biji pepaya kering berupa serbuk 10 gram. Serbuk ini dididihkan bersama air 150 ml, sampai diperoleh larutan 75 ml setelah disaring. Hasil ini bisa diminum sekaligus dua jam sebelum makan malam.
 
Akar
  • Untuk obat cacing, gunakan akar pepaya kering 10 gram, bawang putih 1 gram, dan air 100 ml. Bahan dipotong-potong, kemudian dididihkan dengan air selama 15 menit, baru disaring. Bila perlu, tambahkan air matang sehingga diperoleh hasil saringan 75 ml.
  • Sebagai minuman penyegar, ambil dua potong akar dan satu lembar daun pepaya. Kedua bahan tersebut ditumbuk halus, kemudian direbus dengan satu liter air sampai mendidih, lalu saring. Bila perlu, campurkan madu atau jahe agar rasanya lebih segar.
  • Untuk mencegah risiko batu ginjal, ambil tiga potong akar pepaya, kemudian rebus dengan satu liter air sampai mendidih, kemudian saring. Setelah dingin, campur dengan sedikit madu, lalu minum.

Getah

  • Untuk obat luka bakar maupun gatal-gatal di kulit (sebagai obat luar). Oleskan getah dari buah pepaya yang masih muda. Agar tidak terjadi infeksi, bersihkan dulu kulit sebelum diolesi.
  • Sebagai pelunak daging, daun pepaya dapat langsung digosok-gosokkan pada permukaan daging. Penggosokan daun pada daging tersebut dimaksudkan untuk mengeluarkan getah (lateks) yang terdapat pada daun agar keluar, kemudian masuk dalam daging.

Daun

  • Sebagai pengontrol tekanan darah, ambil 5 lembar daun pepaya, rebus dengan 1/2 liter air hingga tinggal tiga perempatnya. Dinginkan sebelum diminum. Jika perlu, tambahkan gula merah atau madu agar terasa lebih manis sebelum diminum layaknya teh.
  • Untuk obat demam berdarah, campur 5 lembar daun pepaya, temulawak, meniran secukupnya, dan gula merah. Rebus hingga masak untuk kemudian didinginkan sebelum siap diminum.
  • Obat nyeri perut saat haid, ambil 1 lembar daun pepaya, buah asam, dan garam secukupnya. Rebus hingga masak untuk kemudian dinginkan dan diminum dalam satu gelas.

Buah mentah

  • Untuk memperlancar ASI, mengatasi sembelit, gangguan haid, maupun gangguan lambung, manfaatkan buah pepaya sebagai bahan dasar sayuran. Sayuran buah pepaya ini biasanya dimasak seperti halnya membuat sayur lodeh. Sebagai selingan, dapat dicampur dengan daging atau tempe. Jangan lupa, sebelum memasak, cuci buah untuk membersihkan kotoran dan mengurangi getahnya.

Buah masak

  • Untuk meningkatkan asupan serat yang membantu menjaga organ pencernaan sekaligus memperlancar BAB. Dapat dimakan langsung atau dibuat jus dengan dicampur buah lain serta ditambah madu atau gula.

Sumber : Kompas.com

Cara merawat Mr.V

Seorang dr. Febriansyah Darus. Sp.OG, dokter spesialis obstetri & ginekologi, sebagaimana dikutip dari Yahoo!News, telah merekomendasikan untuk melakukan perawatan Mrs V, sebagai berikut:

1. Awasi keputihan
Bila ada keputihan yang telah berwarna, berbau, gatal, segeralah untuk diobati. Silahkan bisa dilihat postingan mengenai obat alami keputihan. Sedangkan apabila keputihannya berwarna bening, tidak gatal, serta tidak berbau, hal ini dapat bermakna tetap normal. Tidak diobati juga tidak apa-apa. 

2. Jangan membiarkan vagina dalam kondisi lembab
Usai buang air kecil, keringkan vagina sebelum menggunakan celana dalam. Dan bila celana dalam telanjur terkena basah, baiknya ganti saja dengan yang kering supaya tidak lembap. 

3. Hati-hati menggunakan pantyliner
Janganlah menggunakan pantyliner terlampau lama sampai 8-12 jam. Penggunaan pantyliner yang terlampau lama, terlebih yang tidak menyerap keringat, dapat mengakibatkan vagina jadi lembap. Sebaiknya ganti pantyliner setiap 3-4 jam sekali. Pakai juga product pembersih vagina yang tidak memiliki kandungan detergen.

Cara memutihkan leher

Tips agar leher putih berikut dengan menggunakan masker alami  yang mudah untuk dibikin sendiri di rumah. Bahan-bahan yang digunakan pastinya tersedia di sekitar Anda.

Untuk tampak yakin diri dihadapan orang lain atau bahkan terutama pacar Anda, pastinya tidak cuma kebersihan serta cerahnya kulit muka yang harus Anda miliki. Anda membutuhkan kecerahan serta putihnya leher agar dapat tampil lebih percaya diri.

Coba Anda bayangkan, dengan memakai gaun yang seksi serta tubuh yang ramping, sedangkan leher Anda tampak gelap dan kusam. Tentunya sungguh merupakan suatu hal yang merugikan, bukan? Penampilan tersebut belum terbilang sempurna.

Dan kabar baiknya, berikut akan saya share mengenai tips agar leher putih, cantik, bersih serta cerah. Pastinya tips berikut tidak akan membutuhkan kocek yang banyak. Anda tidak perlu berkonsultasi dengan dokter kecantikan atau perawatan di salon yang pastinya membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Dan inilah cara yang dapat Anda kerjakan untuk membuat kulit leher Anda tampak putih dan bersih.

• Tips pertama, tentu saja saat Anda melakukan perawatan muka, jangan pernah lupakan juga untuk melakukan perawatan terhadap kulit leher. Apabila kulit muka di masker, upayakan supaya leher juga di masker. Kadang-kadang seseorang cuma melakukan perawatan kulit wajah saja, hingga lehernya lebih kusam dibanding dengan wajahnya.

Tips Agar Leher Putih• Untuk membuat masker perawatan kulit leher, Anda sediakan bhan-bahan berikut: jeruk nipis, kunyit serta mentimun. Ketiga bahan ini amat baik untuk masker kulit leher anda. Caranya sangat mudah, lakukan pemerasan terhadap jeruk, lalu haluskan mentimun serta kunyit, dan campur ketiganya. Pakai sebagai masker selama sekitar 15 menit. Jika sudah cukup, bersihkan dengan cara membasuh leher dengan menggunakan air bersih, cobalah sekali-kali menggunakan air hangat. 

Demikianlah tips agar leher putih yang dapat anda kerjakan pada kehidupan sehari-hari. Yang terpenting adalah yakinkan untuk jangan melupakan perawatan terhadap leher saat Anda melakukan perawatan wajah, supaya leherpun turut bersih, cerah, dan tentu saja sehat.

cara mengobati ketombe

Cara ini sebenarnya masih dengan memanfaatkanlidah buaya, namun dengan tambahan beberapa bahan lainnya.Oke, cekidot…!1. Lidah bauaya dan minyak kayu putihKayu putih merupakan tanaman yang dikenal mempunyai khasiat sebagai obat, termasuk salah satunya untuk mengatasi ketombe.Anda dapat mencampurkan minyak kayu putih dengan ekstrak atau gel lidah buaya segar untuk dibuat menjadi pasta. Aplikasikan pasta tersebut pada kulit kepala, serta lakukan pijatan lembut pada kulit kepala.Selanjutnya Anda dapat membiarkan pastadi kulit kepala sekitar satu jam, lalu bersihkan dengan memakai air biasa.2. Lidah buaya dan minyak pohon tehMinyak pohon teh ( tea tree oil ) juga diketahui efektif untuk menangani permasalahan ketombe. Minyak pohon tehdikenal memiliki sifat obat yang dapat membunuh jamur, bakteri, dan infeksi virus.Campur beberapa tetes minyak ini dengan gel lidah buaya. Yang perlu diingat, jangan menggunakan minyak pohon teh pada kulit secara langsung, dikarenakan karakternya yang kuat serta dapat menyebabkan sensasi menyengat.Pijat serta diamkan sepanjang satu jam di kulit kepala sebelum dibersihkan dengan air biasa. Anda bisa memkai ramuan ini 3 kali seminggu.3. Lidah buaya dan lemonLemon juga dikenal mempunyai kekuatan untuk melawan ketombe dengan efisien.Caranya campur gel lidah buaya dengan sari dari 1/2 lemon. Aplikasikan ramuan tersebut ke kulit kepala.Bila merasa terlampau keras, anda bisa mencampurkan 1 sdm minyak zaitun atau boleh juga yoghurt.Yoghurt juga ternyata berguna untuk menangani ketombe, lho! Hal ini dikarenakan yoghurt dapat meringankan infeksi jamur.Biarkan ramuan terus ada di kulit kepala sepanjang satu jam. Sesudah itu, anda bisa mencucinya dengan shampo ringan.Tetapi, bila cuma menggunakan lidah buaya serta lemon saja, maka anda cukup mencucinya dengan air biasa.Itulah tadi 3 ramuan ampuh untuk membasmi ketombe dengan meggunakan bahan dasar lidah buaya. Semoga bermanfaat.